Mengenai Saya
RSS

Survey Now

KARUNIA-KARUNIA ROH

Kata karunia dalam bahasa Yunani memiliki dua istilah yaitu pertama pneumatikohs yang berarti ‘perkara rohani’ atau yang berkaitan dengan perkara rohani. Kedua charisma (Charisma) sebagai kemampuan yang diberikan oleh Allah untuk orang berdosa (Rm. 5:15-16; 6:23; 11:29). Charisma juga mempunyai pengertian pemberian Allah bagi orang percaya untuk pelayanan.[1] Jadi, karunia roh adalah perlengkapan istimewa yang diberikan oleh Roh kudus kepada tiap-tiap anggota dalam tubuh Kristus menurut kasih karunia Allah untuk dipakai dalam konteks tubuh itu.[2] Berdasarkan hal tersebut dapat saya membuat suatu kesimpulan bahwa karunia Roh tidak dapat dipelajari dalam suatu kursus atau seminar tertentu. Sebab karunia roh datangnya dari Roh kudus yang diberikan untuk kemajuan pelayanan dan membangun. Berdasarkan Alkitab ada beberapa karunia roh yaitu:
1.      Roma 12:6-8; bernubuat, melayani, mengajar, menasehati, membagi-bagikan, memberi.
2.      I Korintus 12: 4-11; hikmat, pengetahuan, iman, menyembuhkan. Mujizat, bernubuat, membedakan roh, berbahasa roh, menafsirkan bahasa roh.
3.      I Korintus 12:28; rasul, nabi, mengajar, mujizat penyembuhan,melayani, memimpin, berbahasa roh.
4.      Efesus 4:11; rasul, nabi, pemberita Injil, pengajar.
5.      I Petrus 4:7-11; penguasaan diri, mengasihi, memberikan tumpangan, menyampaikan Firman Allah.
6.      Selain bagian di atas dalam Perjanjian Baru juga ada beberapa karunia lagi yaitu hidup lajang, hidup miskin secara sukarela, mati sebagai martir.


         [1] Pdt. Dr. Paulus Daun, Th.M, Pneumatologia (Doktrin Roh Kudus), (Manado: Yayasan Daun Family, 2004), 97-98.
         [2] Frase terakhir dalam definisi ‘untuk dipakai dalam konteks tubuh itu’ adalah orang Kristen yang terlepas dari tubuh Kristus tidak begitu berguna. Sebab karunia-karunia roh tidak direncanakan bagi orang yang suka bekerja sendiri melainkan kepada orang-orang yang untu anggota-anggota tubuh Kristus.  DR. C. Peter Wagner, Manfaat Karunia Roh, (Malang Gandum mas, 2000), 34,36.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar