Survey Now

Citra Seorang Wanita


 CITRA SEORANG WANITA KRISTEN
Dibuat untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia
dan sebagai syarat akademik untuk mengikuti Tentamen

OLEH : Novanta Madgalena Naipos pos

                                                                        Nama Sekolah
2010/2011

Kata Pengantar
Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Penulis mengucapkan terima kasih kepada teman-teman Solafide Class, suadara kamar, perpustakaan I-3 yang sudah membentu proses penulisan makalah ini.
Akhirnya dengan segala keterbatasan, penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Penulis sadar akan kelemahan dan keterbatasan dalam penulisan ini, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dalam pembaharuan makalah ini. Dengan segala keterbukaan, penulis menerima kritik dan saran untuk perbaikan serta kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih.


Batu,  November 2010
Penulis,


Novanta Magdalena Naipos pos



Daftar Isi
Buat Sesuai Dengan halaman yang ada
 BAB I
PENDAHULUAN
Banyak wanita yang merasa minder, tidak percaya diri, tidak bersyukur dengan apa yang telah diberikan Tuhan, seperti wajah dan rambutnya sehingga selalu berusaha merubah keadaan yang telah Tuhan ciptakan. Banyak juga yang melakukan program diet untuk mengurangi dan bahkan mengubah bentuk tubuh. Hampir semua wanita sibuk dengan keadaan fisiknya. Karena, wanita selalu merasa menjadi pusat perhatian semua orang.
Namun, ternyata wanita diperhatikan bukan hanya keadaan atau bentuk fisiknya saja. Ada bagian yang paling penting dan mampu mempengaruhi wanita secara menyeluruh, yang biasa disebut kecantikan dari dalam diri (Inerbeaty).
Wanita itu unik dan adalah sempurna. Wanita merupakan istana bagi keluarga dan sosok yang mempunyai peran penting dalam keluarga. Wanita mampu iuntuk membawa rasa aman serta dapat mengambil solusi yang lebih tepat teradap suatu masalah, karena selalu menggunakan hati dan perasaan. Itulah aspek yang harus dimiliki seorang wanita yang menjadi wanita idaman.
Bukan hanya manusia yang memberi pandangan terhadap seorang wanita. Namun, Alkitab juga memberi pandangan terhadap seorang wanita. Ada banyak penjelasan serta pengajaran bagi wanita. Itu menunjukkan bahwa, wanita itu berharga bagi manusia juga bagi Allah.
Itulah sebabnya mengapa saya memilih “wanita” sebagai topik makalah saya. Dalam satu sisi, saya seorang wanita dan saya ingin supaya wanita dapat mensyukuri apa yang ada dalam dirinya, dan bangga pada dirinya serta membantu wanita untuk menjadi wanita yang sempurna serta bahagia.
Kiranya makalah ini dapat membantu kaum wanita untuk dapat menjadi sosok yang benar-benar berharga diantara masyarakat terlebih dihadapan Tuhan. Makalah ini akan menjelaskan tentang pandangan Alkitab terhadap wanita dan mengenai cara untuk menjadi wanita bahagia. Dan wanita diajarkan untuk mampu memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada dalam dirinya.

BAB II
                                            PEMBAHASAN          
2.1 Pengaruh Perkembangan Zaman Terhadap Wanita
Dengan semakin berkembangnya tekhnologi, maka kedudukan wanita juga ikut berubah, tentang hakekat dan kedudukan wanita dalam lingkungan sekitar.
Dibawah ini merupakan pengaruh perkembangan zaman terhadap wanita :
Dalam pengertian tradisional [1]
§  Tempat Wanita : Di dalam rumah tangga hanya sebagai istri yang tergantung dan harus tunduk terhadap suami. Dan sebagai ibu rumah tangga yang harus mengasuh dan mendidik anak-anaknya. Jumlah anak yang umumnya besar telah menghabiskan tenaganya.
§  Pendidikan Wanita : Terbatas, dianggap cukup jika ia mengerti perkara rumah tangga. Seperti : belanja, memasak, menjahit dan membesarkan anak. Pendidikan formal di sekolah dianggap tidak penting. Pengertian dunia luas terbatas juga.
Dalam pengertian modern :
§  Tempat Wanita : Ada di mana-mana. Segala macam pekerjaan, jabatan, posisi terbuka baginya, di samping tugasnya sebagai ibu rumah tangga bahaya untuk untuk diremehkan. Memang, keluarga berencana dengan jumlah anak yang terbatas, tidak lagi menghabiskan tenaga wanita.
§  Pendidikan Wanita : Semua sekolah terbuka baginya, jika mampu ia bisa mencapai banyak gelar.

2.2 Wanita Secara Fisik
Menjadi wanita merupakan hak istimewa, sekaligus hal yang paling rumit. Karena seorang wanita harus berpenampilan menarik. Itulah yang menyebabkan wanita terlalu sibuk, di samping mengurus diri harus berdandan, serta menjaga berat badan.
Sesungguhnya wanita memiliki tubuh yang sangat rumit dan fantastis. Setiap sel yang terdapat dalam tubuh mempunyai lingkaran kehidupan yang membawa masuk makan dan zan asam serta mengeluarka sisa-sisa. Pemeliharaannya adalah tanggung jawab wanita. Jika, kita sebagai wanita lalai dalam pemeliharaan maka akan terjadi perubahan dalam tubuh.
Sementara membangun dan menjada kesehatan tubuh, haruslah juga memperindah wajah.Karena wajah wanita adalah sesuatu yang pertamakali dipandang dari wanita.
Untuk mendapatkan keadaan fisik yang menawan dan cantik bukanlah hal yang mudah untuk mendapatkan kulit yang bagus, mata yang bersinar, gigi yang putih dan langkah-langkah yang indah, seorang wanita haruslah tidur cukup selama delapan jam, makan teratur mandi setiap hari dan teratur sikat gigi. Jika hal-hal tersebut dapat wanita lakukan maka kita akan mendapatkan keadaan fisik yang cantik dan menawan.
Wanita mampu mengatur bentuk tubuh, maka hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah cara berias dan berpakaian. Semua wanita dihaapkan mampu untuk merias wajahnya. Namun, dalam merias wajah janganlah berlebihan, seorang wanita mampu mencocokkan antara rias dan warna yang kita gunakan pada wajah dengan umur kita.
Pakaian merupakan bagian yang medukung keberadaan wanita. Bagi wanita pakaian digunakan sebagai alat untuk mempercantik diri jika pakaian yang dipakai serasi baik dalam warna maupun keserasian model dengan tubuh. Wanita gemuk akan lebih gemuk jika memakai baju kembang besar [2], rok berliku-liku serta pakaian yang lebar. Cara menipu pemandangan tersebut dengan mengenakan baju bergaris bujur bujur dan potongan yang lurus. Tetapi orang kurus janganlah memakai baju semacam itu sebab ia akan keliahatan lebih kurus [3].
2.3 Wanita Istana bagi Keluarga
            Istana selalu identik dengan kemewahan dan kemegahan. Namun, kita tidak membicarakan hal tersebut. Pada dasarnya wanita suka dengan keindahan , itulah sebabnya dikatakan sebagai istana bagi keluarganya.. Karena, wanita mampu mengubah rumah yang kecil , sederhana manjadi rumah yang indah, nyaman, aman serta bahagia. Dengan peralatan yang seadanya semuanya dapat diatur sehingga menimbulkan suasana bagaikan berada di istana. Setelah keadaan rumah ditata sebaik mungkin, hal yang mampu menciptakan istana bagi keluarganya yaitu keramahan dan yang harus memulai hal tersebut terlebih dahulu adalah seorang wanita. Wanita harus mampu menciptakan keramahan dalam keluarga harus mampu mengatasi ketegangan [4] pikiran dan perasaan sendiri dan senantiasa senyum serta mencerminkan ketegangan dalam diri. Wanita juga dikenal dengan seoorang yang selalu hati serta perasaan. Karena wanita mampu untuk mengambil  kesimpulan atau solusi dari masalah yang ada dan wanita mampu berpikir dengan kepala dingin. Sehingga wanita lebih efektif dalam mengambil keputusan.
2.4 Pandangan Alkitab Terhadap  Wanita
            Masyarakat pada umumnya menilai wanita hanya dengan kecantikan secara fisik atau apa yang kelihatan. Namun, sebaliknya pandangan Alkitab pada wanita jauh lebih menyeluruh serta utuh. Jelas bahwa Allah menciptakan wanita baik adanya dan dengan cara yang unik Allah menciptakan wanita karena laki-laki  (1 Korintus11:9). Bahkan Tuhan sendiri melihat bahwa apa yang diciptakannya “ Sungguh amat baik “ (Kejadian1:31).
            Namun, sangat disayangkan manusia telah jatuh ke dalam dosa, sehingga citra wanita sebagaimana yang dikehendaki oleh Tuhan menjadi rusak. Akibatnya manusia memusatkan perhatian kepada kecantikan lahiriah, mencemarkan dan menyelahgunakan demi tujuan menguntungkan diri sendiri.
Bagaimanapun juga citra wanita menurut pandangan Tuhan ini selalu berlangsung. Pria dan wanita yang ingin dan berusaha melaksanakan kehendak Allah dalam kehidupan serta meneruskan dan memahami bagaimana pandangan Tuhan kepada mereka.
Dalam Perjanjian Baru secara khusus menekankan cirri-ciri yang unik untuk mengukur tingkat kedewasaan seorang wanita Kristen,
1 Timotius 3:11 “ Demikian pula istri-istri hendaklah :
o   orang terhormat,
o    jengan pemfitnah,
o   Hendaklah dapat menahan diri
o   Dapat dipercayai dalam segala hal
Sama halnya dengan Titus 2:3-5 dalam ayat tersbut juga dijelaskan hal yang sama dengan ayat yang ada pada ayat diatas.
Masing-masing bagian di atas mencerminkan kualitas kecantikan dari dalam. Sifat-sifat seperti itulah yang diinginkan semua orang (khususnya para pria) dalam diri seorang wanita. Sungguh tanpa sifat tersebut kecantikan lahiriah hanyalah sementara. Apa yang dianggap orang-orang tertentu sebagai kekurangan lahiriah akan dapat tertutup oleh sifat-sifat yang baik yang dimiliki oleh wanita tersebut.
a.       Memperbaiki Kepribadian Anda
Ada sebuah ilustrasi
Ada seorang wanita, ia mempunyai sifat-sifat kasar, pemarah, dan selalu memikirkan hal-hal yang negatif. Suatu hari wanita itu mengikuti kursus ’pengembangan pribadi’ dan disuruh mencantumkan sifat-sifat kepribadiannya, namun wanita tersebut tidak mengetahui apa yang menjadi sifat-sifat kepribadiannya. Dan ia datang kesana hanya untuk mengubah bentuk wajahnya agar menjadi lebih baik, sehingga pemilik kursus tersebut menganggap wanita tersebut gila.
Jangan sampai kita seorang wanita tidak mengetahui bagaimana sifat-sifat kita atau kepribadian kita. Kita harus peka terhadap semua itu, untuk mengetahui sifat-sifat kepribadian kita, haruslah jujur dari dalam hati kita tentang diri kita.
Dan sudah seharusnya kita sebagai seorang wanita kristen yang dewasa harus mampu mengubah sifat-sifat buruk kita dengan memohon pertolongan dari Roh Kudus serta berusaha semaksimal mungkin dalam memperbaikinya. Dan suatu saat kita akan melihat ada perbahan yang terjadi dalam diri kita.
b.      Wanita Kristen dalam Memilih pasangan hidup
Seorang wanita pastilah mempunyai keinginan yang besar untuk menikah.Wanita diberi kehendak bebas untuk memilih pria yang akan menjadi suaminya kelak. Oleh sebab itu, dalam memilih haruslah memilih pria dengan baik dan disertai dengan doa. Tidak pernah ada kata terlalu mudah untuk memutuskan sifat-sifat yang diingini dari seorang suami. Hendaklah wanita kisten, dalam memilih pasangan hidupnya adalah seorang yang telah menjadikan Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya.
c.       Kedewasaan Rohani
Sebagai wanita Kristen, sesibuk apapun kita dalam kehidupan kita haruslah kita tetap menjaga hubungan kita dengan Tuhan. Kita harus menyediakan waktu untuk memikirkan tentang kebaikan Allah kepada kita. Karena, Ia sudah memberikan yang terbaik, memberi nafas hidup, memberi kekuatan baru. Itulah sebabnya kita harus senantiasa menjaga hubungan dengan Tuhan. Agar iman kita tetap tumbuh dan semakin bertumbuh dalam Tuhan dan sebagai ucapan syukur dan bukti bahwa kita sangat bergantung pada Tuhan.

BAB III
PENUTUP
3.1. Simpulan

Sebagai wanita, haruslah kita menjadi wanita yang sempurna, karena wanita sangat berharga bagi semua orang, dalam keluarga dalam masyarakat terlebih lagi wanita juga berharga dimata Tuhan.

Sebagai wanita haruslah kita mampu membawa damai dan memberi suasana tenang bagi lingkungan sekitar. Adalah lebih baik sebagai wanita, kita juga dapat mengerti perasaan serta suasana disekitar kita.

Sebagai wanita haruslah kita menjadi wanita idaman, sempurna dan menjadi wanita kristen yang dipimpin Roh kudus. Dan sebagai wanita Kristen hendaklah kita mencerminkan citra wanita Kristen yang sesuai dengan Firman Tuhan.

Daftar Pustaka
Scheunemann, Gerlinde,
1985, Apa kata Alkitab tentang : Citra Seorang Wanita, (Batu:Departemen Literatur YPPII).
            Arsuatmadjo, S. Soedibio,
                                    1970, Wanita dan Rumah tangga, (Jakarta : BPK Gunung Mulia)
            Getz, A. Gene,
                        1994, Wanita Bahagia (Bandung : Kalam Hidup)
            Lahaye, Beverly,
                        1976, Wanita Bahagia (Bandung : Kalam Hidup)
            Hafley, Marti,
                        Gadis Idaman (Bandung: Kalam Hidup)

[1]               Scheunemann Gerlinde, “ Apa kata Alkitab tentang : Citra seorang wanita”.1985, Halaman 1
[2]               Arsoatmadjo S.Soedibio, “ Wanita dan Rumah tangga “. 1970. Halaman15
[3]               Getz A.Gene, “ Citra Wanita Kristen “.1994. Halaman 1
[4]               Ebid, “Citra Wanita Kristen “

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar